Waspada Penyakit yang Tiba-tiba Menyerang Saat Traveling

Akhir tahun menjadi momen yang ditunggu banyak orang untuk menghabiskan cuti dan merencanakan liburan dengan traveling ke ragam destinasi. Jika agenda liburan sudah disiapkan, jangan sepelekan hal-hal yang bisa saja terjadi ketika traveling.

Walaupun ketika hendak berangkat traveling tubuh dalam keadaan fit, bisa saja ketika sampai destinasi liburan justru terkena penyakit. Faktanya, ada beberapa penyakit yang sering menyerang traveler, antara lain alergi udara panas atau dingin, diare, dan flu.

“Penyebabnya (penyakit) bersifat umum yaitu kegagalan tubuh untuk adaptasi terhadap lingkungan baru sehingga mudah terserang berbagai penyakit,” ujar Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr. Helmin Agustina Silalahi, kepada detikHealth, Rabu (12/12/2018).

Diare menjadi salah satu penyakit yang sering dialami saat traveling akibat mengkonsumsi makanan maupun minuman yang tidak dimasak dengan baik. Apalagi jika traveling pasti kegiatan yang tidak boleh dilewatkan adalah mencicipi ragam kuliner khas seperti food street, jajanan yang biasa dijual di pinggir jalan.

Adapun gejala diare ditandai dengan BAB lebih dari 3 kali dalam sehari yang konsistensinya cair serta banyak. Untuk mengatasi diare, minum teh hijau atau teh hitam yang mengandung antioksidan demi menghilangkan racun pada tubuh.

Penyakit lainnya yang kerap terjangkit saat traveling adalah alergi, seperti alergi cuaca. Alergi ini biasanya terjadi karena angin membawa debu. Adapun gejalanya adalah muncul bercak kemerahan pada tubuh dan terasa gatal. Maka selalu kenakan jaket ketika destinasi liburan sedang mengalami cuaca berangin.

Terakhir, penyakit yang sering menyerang saat traveling adalah flu. Selain disebabkan oleh perbedaan cuaca, daya tahan tubuh yang sedang lemah seperti kelelahan membuat seseorang mudah terkena flu. Gejala yang dialami antara lain demam, sakit kelapa, hidung tersumbat, dan bersin-bersin.

Agar traveling tetap lancar dan nyaman ketika flu, selalu siapkan Mixagrip sebagai pertolongan pertama ke manapun. Dosisnya pas, aman, dan efektif meringankan gejala-gejala flu seperti demam, bersin-bersin, hidung tersumbat, serta sakit kepala.

You May Also Like

About the Author: Mr. Alvharezky

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *