Wajib Ketahui! 4 Nutrisi Anak Yang Penting di Usia 1-3 Tahun

Anak-anak – Sebagai orangtua, Anda tentu menginginkan Si Kecil tumbuh sehat dan pintar. Penting bagi Anda untuk menyiapkan sang buah hati menjadi Generasi Platinum yang multitallented dan siap menghadapi masa depan.

Tentunya Si Kecil harus dibekali dengan bekal fisik yang sehat, kecerdasan intelektual, emosi, dan spiritual. Untuk mencapai hal tersebut, banyak hal yang perlu dipersiapkan.

Pola asuh, nutrisi, dan stimulasi yang sesuai juga harus diberikan. Diungkapkan oleh Head of Medical Marketing Kalbe Nutritionals dr. Muliaman Mansyur, pemberian susu untuk anak penting untuk pertumbuhan bayi, khususnya mereka yang berusia 1-3 tahun.

Berkembangnya research di bidang nutrisi yang terus mengikuti perkembangan teknologi kesehatan memberi kesempatan kepada banyak orangtua untuk memilihkan nutrisi terbaik dalam asupan susu pertumbuhan anak (Growing Up Milk).

Dulunya susu hanya memenuhi kebutuhan nutrisi makro seperti protein, karbohidrat, dan lemak, serta nutrisi mikro yang berfokus kepada kalsium dan zat besi.

Namun, seiring dengan teknologi nutrisi tersebut, dr. Muliaman mengatakan kini ada 4 komponen utama yang harus diperhatikan dalam susu pertumbuhan anak dan menjadi perhatian serta kebutuhan orangtua dalam menunjang terbentuknya Generasi Platinum. Penasaran apa saja 4 nutrisi anak itu?

Nutrisi untuk otak (brain care)

Ada 2 macam nutrisi yang dibutuhkan oleh otak yaitu nutrisi makro dan mikro. Nutrisi makro dibutuhkan dalam jumlah besar seperti karbohidrat, lemak, dan protein. Contoh zat-zat yang dibutuhkan seperti laktosa, alfa laktalbumin, asam lemak esensial AA/DHA, Omega 3 dan 6.

Sedangkan untuk nutrisi mikro yang dibutuhkan otak adalah asam folat, kolin, zat besi, dan iodium.

Nutrisi ini dipersiapkan untuk Si Kecil agar kelak ia aktif serta multitalented. Tidak cuma juara umum di dunia akademis, ia juga pintar bermain musik, menguasai banyak bahasa asing, dan masih banyak lagi.

Nutrisi untuk daya tahan tubuh optimal (body defense

Anda tentu ingin anak tetap sehat dan terhindar dari penyakit dan infeksi. Agar dapat melindungi imun tubuhnya, berikan nutrisi yang tepat. Semua komponen di dalam ASI mampu menjaga sistem imun anak Anda sejak bayi. Di antaranya protein immunoglobulin, laktoferin, nukleotida, dan bifidus factor.

Nutrisi untuk tumbuh optimal (body growth)

Agar Si Kecil tidak memiliki perawakan pendek atau stunting, berikan karbohidrat, lemak esensial, whey protein yang berkualitas seperti alfa laktalbumin, kalsium, fosfat, dan Vit D.

Nutrisi untuk kesehatan saluran cerna

Bayi berusia 1-3 tahun sering mengalami gangguan saluran pencernaan seperti diare dan sembelit. Hal ini disebabkan usus bayi lebih sensitif dan lemah dibanding orang dewasa. Jika terjadi gangguan pencernaan, semua makanan dan minuman yang dikonsumsi tidak dapat diserap dengan baik.

Alhasil malah membuat pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil terhambat. Maka dari itu, penting agar Si Kecil memiliki saluran cerna yang sehat. Berikan ia prebiotik, FOS-GOS-inulin-laktulosa dan probiotik bifidobakterium (triple bifidus).

You May Also Like

About the Author: Mr. Alvharezky

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *