Tips yang Wajib Kalian Ketahui! Saat Solo Traveling

Jakarta – Menurut Travel Daily, perjalanan solo lebih disukai oleh banyak orang pada tahun 2018 dan dapat meningkat setiap tahunnya. Meskipun ini bisa menjadi pengalaman dan pembelajaran yang luar biasa, ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan saat kalian traveling sendiri, jangan anggap remeh keselamatan kalian. Pertimbangkan delapan tips sederhana ini sebelum mulai merencanakan liburan.

1. Bertingkah laku layaknya orang lokal

Jika kalian pergi ke suatu tempat tanpa ada yang menemani, maka yang harus kalian lakukan adalah bertindak dan bertingkah laku seperti orang lokal di daerah tersebut. Misalnya, jangan berpakaian terlalu mencolok, mencari tahu arah lokasi yang ingin dituju berikutnya, jangan mengambil terlalu banyak foto, dan cobalah untuk tidak melihat peta saat di tengah-tengah keramaian. Berusaha juga untuk berbicara dengan bahasa lokal.

2. Beri tahu keluarga tentang rencana perjalananmu

Pastikan setidaknya ada satu orang yang dekat denganmu mengetahui penerbangan apa yang kalian ambil, naik kereta dan bus apa, dan di mana hotel tempat kalian tempati nanti. Harus selalu ada seseorang yang tahu lokasi anda, atau setidaknya di mana mereka harus mencari. 

Selain itu, kabari juga keluarga tentang keberadaanmu dan kondisimu nanti, kalau bisa tiap sehari sekali. Dengan cara ini, mereka tahu kondisi kalian aman, dan mereka akan memiliki rencana ke mana harus menghubungimu jika terjadi keadaan darurat.

3. Hindari area asing yang tidak kamu ketahui pada malam hari

Jika kalian tidak begitu mengenali daerah yang dituju, maka cobalah untuk tetap berada di lingkungan yang aman, yaitu tempat-tempat dengan banyak orang, kebisingan, dan cahaya yang cukup. Jika tampaknya tempat yang kalian tuju relatif sepi baik itu sedikit atau tanpa aktivitas, hindari.

Keselamatan adalah prioritas utama, jadi hindari pergi ke daerah asing di mana tidak banyak orang. Hapalkan juga lokasi pos polisi terdekat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Hati-hati saat bercerita pada orang lain

Sedih untuk mengakuinya, namun ada beberapa orang tidak semuanya baik, ada juga yang memiliki niat buruk. Orang-orang dengan niat buruk ini mencari target yang mudah untuk target kejahatannya.

Jadi, ketika kalian keluar saat bepergian lalu ingin mencari teman baru atau mengobrol dengan penduduk setempat, jangan mengakui dan bercerita bahwa kalian sedang bepergian sendiri.

5. Membawa uang tunai untuk berjaga-jaga

Beberapa destinasi wisata biasanya masih ada toko yang tidak bisa menerima kartu kredit atau debit. Merupakan ide yang sangat baik untuk membawa uang tunai tambahan. Jaga-jaga juga jika kartu kredit atau debit kalian tidak terbaca oleh sistem, uang tunai akan sangat membantu kalian. Simpan uang tunaimu di tempat lain selain dompet, jika terjadi keadaan darurat.

6. Percayai instingmu

Terkadang, insting kalian adalah senjata terbaik. Jika kalian sedang mengunjungi suatu tempat dan kalian merasa ada sesuatu yang tidak beres, jangan ragu. Percaya pada instingmu dan tinggalkan lokasi itu secepatnya. Jangan lupa untuk berdoa agar perjalananmu tidak mengalami kendala apapun!.

You May Also Like

About the Author: Mr. Alvharezky

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *