Tips Agar Tisu Bayi Aman untuk Digunakan

Tisu bayi adalah salah satu produk perawatan bayi yang hampir pasti dapat ditemui di tas perlengkapan bayi yang dibawa oleh para bunda. Tisu tersebut memang sangat praktis untuk digunakan karena dapat dibawa kemanapun pergi. Kini, dengan hanya memakai tisu, Bunda sudah dapat membersihkan tubuh bayi dari bermacam kotoran yang menempel pada tubuh mereka. Seperti misalnya saat bayi terkena cipratan makanan, minuman, berkeringat, ataupun terkena air seninya sendiri. Meski demikian, terkadang Bunda masih bingung bagaimana sebenarnya penggunaan tisu yang tepat untuk bayi mereka. Hal ini tentu saja menjadi permasalahan tersendiri bagi para bunda karena bisa jadi si kecil akan mengalami masalah iritasi jika salah dalam penggunaan tisu tersebut. Berikut akan dibahas tips agar tisu bayi aman untuk digunakan.

Lihat Komposisi pada Produk Tisu Bayi

Hal pertama yang harus Bunda perhatikan tentang penggunaan tisu bayi agar aman untuk dipakai adalah menyempatkan untuk melihat komposisi tisu yang tertera pada kemasan produk. Bunda harus memastikan bahwa tisu tersebut memiliki komposisi dari bahan-bahan yang aman untuk digunakan dan bebas dari bermacam kandungan kimia yang berbahaya.

Jika dulu banyak ditemukan produk tisu, terutama tisu basah, yang banyak menggunakan bahan kimia seperti paraben, kini hal tersebut telah dilarang oleh pemerintah. Paraben disinyalir sebagai salah satu bahan pengawet yang berbahaya yang dapat merusak kesehatan seseorang.  Untuk itulah, jangan memilih produk tisu yang mengandung paraben di dalamnya agar aman digunakan oleh si buah hati.

Gunakan sesuai Kegunaannya

Bunda harus cermat melihat apa kegunaan utama dari tisu yang akan digunakan. Memang di pasaran ada eragam jenis tisu yang dibuat khusus untuk bayi yang memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Ada tisu yang digunakan untuk mengelap mulut dan tangan bayi serta ada pula tisu yang digunakan untuk mengelap tubuh bayi sebelum mengganti popoknya.

Setiap tisu memiliki fungsi yang berbeda, untuk itulah Bunda harus benar-benar paham tentang kegunaan masing-masing tisu tersebut. Jangan sampai tisu yang seharusnya digunakan untuk membersihkan tubuh bayi sebelum ganti popok malah justru digunakan untuk membersihkan mulut bayi atau sebaliknya.

Jangan Gunakan secara Rutin

Tisu bayi memang praktis untuk digunakan karena dapat dibawa kemanapun Bunda dan bayi pergi. Tisu tersebut memang efektif untuk membersihkan tubuh bayi jika kebetulan tidak ada air. Saat bepergian dan kebetulan bayi buang air di jalan, hanya dengan memakai tisu tersebut Bunda sudah dapat membersihkan tubuh si bayi dengan mudah.

Namun jika memang sedang ada di rumah, sebaiknya Bunda tak menggunakan tisu tersebut setip saat. Ada kalanya si bayi cukup dibersihkan dengan menggunakan air bersih yang mengalir. Hal ini bertujuan untuk menghindari resiko iritasi akibat penggunaan tisu yang terlalu sering.

Tutup Kembali Kemasan Tisu dengan Rapat setelah Digunakan

Setelah tisu tersebut digunakan, hendaknya Bunda kembali menutup kemasannya dengan rapat untuk menghindari masuknya kuman ke dalam kemasan. Jika memungkinkan, pilihlah produk tisu yang memiliki tutup kemasan  yang kuat dan rapat agar kuman dan bakteri tak mudah masuk ke dalamnya dan membuat tisu tersebut terkontaminasi.

Untuk memastikan produk tisu bayi yang aman digunakan, kini telah hadir Mitu Baby Fresh & Clean Wipes – Blue serta Mitu Baby Fresh & Clean Wipes – Pink. Kedua tisu tersebut adalah tisu basah lembut yang berguna untuk membersihkan tubuh si kecil. Di dalamnya diperkaya dengan bahan-bahan alami yang ampuh menjaga kehalusan dan kesehatan kulit bayi. Mitu Baby Fresh & Clean sudah teruji hypoallerenic sehingga dapat mencegah terjadinya resiko alergi pada kulit bayi.

You May Also Like

About the Author: Mr. Alvharezky

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *