5 Serangga Ini Tidak Cocok Dijadikan Pakan Burung

Serangga memang sering dijadikan sebagai pakan burung. Bahkan serangga sangat disukai oleh semua burung bahkan hampir semua jenis burung kicauan menjadi pemakan serangga. Namun yang harus diketahui adalah tidak semua jenis serangga cocok diberikan kepada burung karena mengandung racun. Tentu Anda sudah bisa memprediksi apa yang akan terjadi pada burung Anda selanjutnya jika memakan serangga yang beracun. Ya, benar sekali burung peliharaan Anda akan ikut keracunan.

Burung kicau yang ada di alam bebas cenderung memiliki masa hidup yang lebih pendek alasannya adalah burung tersebut tidak tahu mana serangga yang aman untuk dimakan dan mana yang tidak. Supaya tidak membahayakan burung Anda, berikut ini adalah beberapa serangga yang tidak cocok dijadikan sebagai pakan burung:

Kunang-Kunang

Serangga pertama yang tidak cocok dijadikan sebagai pakan burung adalah kunang-kunang. Kunang-kunang memiliki cahaya dan akan menyala meski di tempat yang gelap. Cahaya yang dihasilkan oleh kunang-kunang menjadi tanda bahwa serangga tersebut tidak cocok dijadikan sebagai makanan burung. Kunang-kunang ini juga menjadi ancaman bagi burung kicau dan juga burung peliharaan karena akan bisa menyebabkan keracunan. Tidak membutuhkan waktu yang lama, cukup 30 menit setelah mengonsumsi serangga ini burung akan keracunan.

Tawon Hornet

Serangga yang tidak bisa dijadikan pakan selanjutnya adalah tawon hornet. Tawon hornet merupakan serangga beracun yang mana bisa merusak seluruh sarang lebah madu meski jumlahnya hanya 20 ekor. Sengatannya bisa sangat mematikan, tidak hanya itu saja tawon ini juga bisa memicu alergi. Jika sampai termakan oleh burung akan menyebabkannya mengalami keracunan.

Belalang Tidak Berwarna Hijau

Tidak semua belalang berwarna hijau dimana ada belalang yang berwarna cokelat. Belalang dengan warna cokelat ini beracun dan akan menyebabkan burung mengalami keracunan. Selain berwarna cokelat, belalang yang tidak boleh diberikan ke burung peliharaan adalah warna hitam, merah, dan berbintik.

Kumbang Mawar

Kumbang mawar merupakan hama tanaman dan termasuk serangga yang beracun. Burung kicauan tidak bisa diberikan pakan ini. Jika telanjur diberikan ke burung akan mengalami kematian dalam jangka waktu 9 sampai dengan 24 jam. Efek dari memakan kumbang ini jauh lebih berbahaya jika dimakan oleh anakan burung dimana mereka bisa mengalami kematian lebih cepat.

Kepik

Kumbang koksi atau kepik termasuk dalam jenis serangga yang beracun dan tidak boleh dimakan oleh burung kicauan. Meski ukurannya kecil, racunnya cukup tinggi. Burung yang memakannya akan mengalami muntah dan juga keracunan. Kepik ini merupakan serangga yang memiliki bentuk bulat dan juga warnanya cerah dimana biasanya di dominasi dengan warna orange, kuning, dan hitam.

Tidak semua serangga aman diberikan kepada burung peliharaan Anda, oleh sebab itu telitilah sebelum memberikan makan serangga. Hindari beberapa serangga yang disebutkan di atas sebagai pakan burung Anda karena tidak bagus untuk kesehatan burung peliharaan Anda.

You May Also Like

About the Author: Mr. Alvharezky

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *